OHV, OHC, SOHC dan DOHC (twin cam) desain mesin
Mesin OHV
Mesin OHV sangat sederhana, memiliki ukuran lebih kompak dan terbukti tahan lama. Kelemahan: sulit untuk secara tepat mengendalikan valve timing pada rpm tinggi akibat inersia yang lebih tinggi disebabkan oleh jumlah yang lebih besar dari komponen katup (pengangkat-pushrod-goyang lengan). Juga sangat sulit untuk menginstal lebih dari 2 katup per silinder atau melaksanakan beberapa terbaru teknologi seperti Variabel Valve Timing - sesuatu yang dapat dengan mudah dilakukan dengan mesin DOHC. |
OHC atau mesin SOHC
Dalam mesin SOHC camshaft terinstal di kepala silinder dan katup yang dioperasikan baik oleh lengan rocker atau langsung melalui lifters (seperti dalam gambar). Keuntungannya adalah bahwa katup yang dioperasikan hampir langsung oleh camshaft - mudah untuk mencapai waktu sempurna pada rpm tinggi silinder. Juga mungkin untuk menginstal tiga atau empat katup per cylinder . Kerugian - mesin OHC memerlukan timing belt atau rantai dengan komponen terkait - lebih kompleks dan desain lebih mahal. |
Mesin DOHC atau Twin cam
Pro: efisiensi tinggi, mungkin untuk menginstal beberapa katup per silinder dan mengadopsi waktu variabel. Cons: kompleks dan lebih mahal desain lainnya. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar